Rabu, 23 Mei 2012

Semua Manusia itu Unik


Kadang kita merasa bahwa kehidupan itu tidak adil dan tidak rata karena tidak seimbang dalam membagikan sebuah kelebihan. Mungkin kita sering berpikiran seperti itu, termasuk saya. Pikiran itu ada karena kita belum menyadari akan kelebihan diri kita sendiri. Lantas, bagaimana menyingkirkan pikiran tersebut? Atau merubahnya menjadi bahwa hidup ini adil, bahkan rata karena sudah seimbang dengan kelebihan yang diterima?

Setiap manusia dilahirkan dengan kelebihan yang berbeda-beda. #fact: setiap sidik jari manusia itu berbeda. Unik, karena tidak ada yang menyamainya. Langka, karena setelah manusia tidak adalagi mahluk Tuhan yang lebih sempurna darinya.  Manusia ada, karena kelebihannya. Manusia survive, karena akalnya. Manusia hidup, karena tahu kelebihan yang dia punya berkat akalnya.
Sering kali, kita menganggap bahwa kitalah yang paling sempurna di antara yang lain atau sebaliknya, sehingga kita cenderung sombong dan merasa paling benar bahkan minder jika kita menganggap kebalikan dari sempurna. Menurut Carl G. Jung, setiap manusia memang memiliki sisi gelap, namun kalau kita tidak mau menerima keberadaan sisi gelap tersebut, maka sifat-sifat gelap tersebut akan menjadi kekuatan, yang suatu saat akan keluar dan terlihat oleh orang lain.
Terkadang karena kita belum puas dengan kelebihan kita sendiri, sering kali kita mencoba kelebihan yang belum tentu sesuai dengan kita, malah bisa saja kita melupakan kelebihan yang sebelumnya kita miliki. Yah karena manusia tidak pernah merasa puas dengan apa yang sudah dimiliknya. Ini yang membuat manusia tidak konsisten terhadap perbuatannya.
Semua manusia itu unik, baik fisik maupun psikologisnya, baik kelebihannya juga karena kekurangannya, kalaupun kita belum tahu kelebihan maupun kekurangan dari diri kita, itu karena kita belum megoptimalkan apa yang sudah kita miliki. Ketika kita gagal dalam mengoptimalkan kelebihan tesebut bukan karena kita tidak bisa tapi karena kita butuh usaha yang lebih dari biasanya.
Mungkin dalam perjuangan itu kita bakalan gagal, tapi kegagalan dari sebuah perjuangan yang paling hebat adalah kemenangan yang paling berarti. (Radtya Dika-Kambing Jantan)
Manusia hidup, karena tahu kelebihan yang dia punya berkat akalnya. Meskipun itu semua butuh proses tapi karena proses tersebut kita akan menemukan sisi lain dari kelebihan yang membuat kita tetap hidup dan akan menjawab keragu-raguan kita dalam mengartikan sebuah kehidupan yang memang benar-benar adil dan rata karena seimbang dengan kelebihannya masing-masing.

Setiap orang ingin menjadi seperti anda, jangan sampai anda ingin menjadi seperti orang lain.


2 komentar:

  1. Artikel yang menyentuh kalbu


    Btw temen2, mungkin temen2 disini ada yg dah pernah nyobain game online MMORPG PUTRA LANGIT ??, jadi gini aku baru-baru ini main game gokil keren ini neh - PUTRA LANGIT ONLINE - dah nyobain wa waktu itu pas masa alpha test gameplay-nya addicted banget loh banyak fitur menarik, klo mo tau lebih lanjut masuk aja fanspagenya di -> http://www.facebook.com/putralangit.online, dan MICROSITE-nya => http://putralangit.capple.net/microsite/ , game ini diangkat dari komik terkenal TONY WONG "LEGENDA PUTRA LANGIT" yang terkenal itu loh, cekidot aja biar lebih jelasnya di link2 yg ane kasih klo suka jangan lupa di like yo

    BalasHapus