Minggu, 27 November 2011

Dibalik Nama 'Juragan Kuman'

Setiap nama atau penamaan pasti mempunyai arti tersendiri. Sebuah arti yang mengandung doa, harapan, dan keinginan si pemberi nama. Begitu juga dengan nama blog ini, blog Juragan Kuman. Kenapa dua kata itu yang gw pilih untuk dijadiin judul sebagai identitas blog gw?, sebuah nama yang menggabungkan dua kata, Juragan dan Kuman.

Oke, gw mau ngejabarin arti dari kata Juragan terlebih dulu.
Juragan yaitu :

  • - sebutan orang upahan thd majikan; tuan; nyonya;
  • - pemilik perusahaan (terutama perusahaan batik): ia adalah seorang -- batik yg kaya raya; dan
  • - pemilik dan pemimpin perahu (kapal) Sumber : http://artikata.com/arti-332218-juragan.html

Arti yang gw cetak paling gede itulah maksud dari penamaan blog ini. Pemimpin perahu (kapal) atau yang biasa kita kenal dengan sebutan nakhoda yaitu orang yang memimpin dalam sebuah pelayaran, sang penakluk samudra yang berani ngambil risiko. Mungkin dengan penggunaan nama tersebut, sedikit mewakili keinginan gw terhadap blog ini, sebuah keinginan atau bisa jadi sebuah harapan gw, yah gw pengen suatu saat nanti, entah kapan itu, blog ini bisa seperti nakhoda yang mengarungi lautan (tepatnya lautan dunia maya), mengarungi kehidupan yang bisa diceritakan dan dibagikan kepada siapapun yang membutuhkan ataupun tidak membutuhkan agar bisa mengambil pelajaran dari apa yang telah gw lakukan, intinya ketika ada yang berselancar di dunia maya lalu tersesat di sini (Juragan Kuman.red), blog ini bisa menuntun mereka untuk merenungi (mudah-mudahan bisa menginspirasi) bahwa hidup bukan untuk diri sendiri melainkan untuk dibagi dan diceritakan.

Dan kata Kuman.

Sebenarnya kata ini cuma plesetan dari nama gw (Lukman = Kuman), tapi berhubung gw orangnya lebay, gw mau melebay-lebaykan arti dari kata kuman tersebut. Semua orang pasti tau apa itu kuman, organisme terkecil yang tidak bisa dilihat oleh mata telanjang tetapi mereka ada dimana-mana dan bisa menyerang siapa saja, entah itu anak-anak, remaja dan dewasa. Terus apa hubungannya dengan penamaan blog ini? hubungannya itu, kuman itu kecil tapi kalau mereka sudah berkelompok dengan kuman-kuman yang lain mereka bisa menjadi besar dan bisa menyebabkan penyakit, bahkan mendatangkan kematian jika tidak ditangani dengan serius.

Begitu juga dengan blog ini, yah mungkin blog ini masih kecil, isinya pun masih sedikit tapi kalau gw konsisten untuk terus menulis dan mengisi blog ini dengan postingan-postingan, gw yakin blog ini akan menjadi besar dan terkenal, tidak hanya satu, dua, tiga negara itu aja yang baca blog gw tapi seluruh negara yang ada di dunia. Baik anak kecil, muda, tua, mereka semua baca blog ini dan bukan karena alasan tersesat tapi mereka butuh, butuh akan keberadaan blog Juragan Kuman yang bisa mendatangkan penyakit seperti : ketagihan, kepuasan, kesenangan, dan kebahagiaan setelah membuka blog Juragan Kuman.

Jadi, Juragan Kuman yaitu sebuah blog yang ingin sekali bisa menginspirasi mereka (anak-anak, remaja dan dewasa), setelah membaca postingan demi postingan yang membuat mereka menjadi ketagihan, merasa puas, senang, dan bahagia setelah membuka blog Juragan Kuman yang gw tulis dari cerita hidup yang harus dibagi.

Mungkin itu arti di balik nama 'Juragan Kuman', sebuah nama yang tidak sekedar nama melainkan nama yang akan membesarkan orang yang memberi nama tersebut,

4 komentar:

  1. haha makasih ka :)
    sekarang giliran ka yoni untuk bercerita di balik nama sangpengembarabiru, hehe

    BalasHapus
  2. keren man , blog lu penuh dengan hal keren banyak filosofinya , Congrats !!! :))

    BalasHapus
  3. makasih kav :D
    blog lu juga keren, gw kudu belajar banyk nih tentang blog ke lu :))

    BalasHapus